facebooklogocolour

Sentimen Anti-Kapitalisme di Antara Kaum Muda Membutuhkan Organisasi Revolusioner

Students support the strikeKrisis dan radikalisasi kaum muda telah menyediakan semua potensi bagi kemenangan revolusi sosialis. Ini adalah tugas partai Marxis revolusioner, untuk membawa sentimen anti-kapitalisme ini mengarah pada persiapan kemenangan revolusi sosialis. Pada akhirnya semua itu tergantung pada kita untuk membawa semua potensi ini menjadi kenyataan.

Gelembung Spekulasi Startup Tech Akhirnya Meletus

gabunganPerusahaan-perusahaan rintisan ini bisa menjamur di mana-mana karena ditopang oleh uang murah. Untuk menanggulangi krisis kapitalisme, pemerintah di mana-mana menerapkan kebijakan uang murah (terutama quantitative easing serta suku bunga yang hampir mencapai nol). Kebijakan uang murah ini bukannya menghasilkan investasi yang produktif, seperti yang diharapkan oleh para pembuat kebijakan, tetapi digunakan untuk spekulasi dan untuk menopang perusahaan-perusahaan yang seharusnya bangkrut. 

Inflasi dan Rezim yang Krisis

demo mahasiswa 11 april 2022

Dalam situasi krisis kapitalisme kesadaran bisa dengan cepat berubah. Apa yang hari ini mereka bisa terima, bisa menjadi kebalikannya. Semua tanda-tanda pergolakan revolusioner ada di mana-mana di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Tugas kaum revolusioner adalah mempersiapkan dirinya secepat mungkin membangun organisasi untuk perang kelas di masa depan.

Pengadilan Borjuis Bobrok Bebaskan Dekan FISIP UNRI Pelaku Pelecehan Seksual

demo mahasiswa unriNegara dan pengadilan borjuasi yang ada bukanlah institusi yang netral, tetapi institusi yang didirikan untuk melindungi kepentingan kelas penguasa dengan segala jajaran aparatusnya, yang termasuk di sana adalah para petinggi kampus. Tugas utama mereka adalah melanggengkan sistem penindasan yang ada, termasuk di dalamnya prasangka sexisme, patriarki dan misogonis yang menindas perempuan.

Mengapa Buruh Kalah Lagi dan Lagi? Dan Bagaimana agar Kita bisa Menang?

demo buruh 8 des 21

Belajar dari mogok nasional 2012 yang mampu menutup tol dan melumpuhkan ekonomi sehingga bisa memaksa kelas penguasa memenuhi tuntutan kaum pekerja, sudah saatnya demokrasi buruh benar-benar ditegakkan. Bukan lagi taat pada instruksi melainkan taat pada kedisiplinan demokratis buruh, yakni kedisiplinan yang bersumber dari proses demokrasi buruh itu sendiri.

Partai Buruh dan Tugas Kaum Revolusioner Hari ini

partai buruh

Berbicara mengenai Partai Buruh yang hari ini lahir, muncul perbedaan di antara aktivis kiri, kaum buruh, dan kaum muda dalam menyikapinya. Ada yang optimis dan ada yang pesimis. Ada sementara aktivis kiri yang menekankan pentingnya mengintervensi partai ini, ada pula yang mengutuk dan mencibir. 

Lalu bagaimana seharusnya sikap kaum revolusioner? Simak penjelasannya dalam tulisan berikut ini.