facebooklogocolour

Doctor Doom meramalkan “hari-hari gelap” bagi kapitalisme

unduh

Para ekonom borjuis, yang tidak bisa melihat melampaui ujung hidung mereka, berhasil meyakinkan diri mereka sendiri bahwa epos inflasi rendah dan suku bunga rendah akan terus berlangsung selama-lamanya. Mereka bahkan mengubah kepercayaan yang tak berlandasan ini menjadi teori, yang berdasarkan asumsi-asumsi yang paling arbitrer dan bodoh. Dan semua teori mereka ternyata keliru.

Kapitalisme dan Kesehatan Mental

berita valid1616063852 61adacb406310e6f4f749992Di masa krisis ekonomi yang diperparah oleh pandemi, jam istirahat terus dipotong dan pada saat yang sama intensitas kerja semakin tinggi demi menjaga profit kapitalis. Belum lagi iklim serba kompetitif sesama pekerja yang turut memperparah persekusi mental. Mereka harus bersaing satu sama lain kalau tidak ingin kehilangan pekerjaan mereka dan menjadi gelandangan. Kerja menjadi rantai yang mengekang. Ini mengkonfirmasi kebenaran tesis keterasingan Marx. 

Solusi Sosialis untuk Masalah Sampah Plastik

aksi bersih sampah pantai kuta 2 169Pencemaran plastik telah mencapai tingkat yang sangat mengkhawatirkan. Permasalahan sampah plastik kini menjadi horor baru bagi umat manusia. Upaya mengatasinya lewat mekanisme pasar telah gagal total.  

Lawan Kenaikan BBM dengan Mogok Umum

tolak kenaikan bbmKenaikan harga BBM ini hanya bisa dipatahkan dengan aksi mogok nasional, yang tidak hanya melibatkan buruh terorganisir tetapi juga buruh tak-teorganisir. Inilah satu-satunya bahasa yang dipahami oleh kelas penguasa. 

Kasus Sambo Mengekspos Kebobrokan Polisi dan Semua Lembaga Negara

ferdy sambo kebobrokan silop 1Rakyat sudah mulai melihat betapa bobroknya institusi penegakan hukum di negeri ini. Suatu saat rakyat akan menuntut pertanggungjawaban. Semakin rakyat melihat bahwa mereka yang berkuasa tidak pernah ada di pihak rakyat, semakin rakyat tergerak untuk menggulingkan kekuasaan tersebut.

Mengapa tidak Ada Revolusi? Perlunya Kepemimpinan Revolusioner

kenapa blm ada revolusi fixed

Proses pembelajaran yang hebat telah dimulai. Ini mungkin tampak berjalan lambat. Tetapi sejarah bergerak menurut hukumnya sendiri dan dengan kecepatannya sendiri, yang ditentukan oleh banyak faktor, dan tidak selalu mudah untuk ditentukan sebelumnya.

Sentimen Anti-Kapitalisme di Antara Kaum Muda Membutuhkan Organisasi Revolusioner

Students support the strikeKrisis dan radikalisasi kaum muda telah menyediakan semua potensi bagi kemenangan revolusi sosialis. Ini adalah tugas partai Marxis revolusioner, untuk membawa sentimen anti-kapitalisme ini mengarah pada persiapan kemenangan revolusi sosialis. Pada akhirnya semua itu tergantung pada kita untuk membawa semua potensi ini menjadi kenyataan.

Gelembung Spekulasi Startup Tech Akhirnya Meletus

gabunganPerusahaan-perusahaan rintisan ini bisa menjamur di mana-mana karena ditopang oleh uang murah. Untuk menanggulangi krisis kapitalisme, pemerintah di mana-mana menerapkan kebijakan uang murah (terutama quantitative easing serta suku bunga yang hampir mencapai nol). Kebijakan uang murah ini bukannya menghasilkan investasi yang produktif, seperti yang diharapkan oleh para pembuat kebijakan, tetapi digunakan untuk spekulasi dan untuk menopang perusahaan-perusahaan yang seharusnya bangkrut. 

Inflasi dan Rezim yang Krisis

demo mahasiswa 11 april 2022

Dalam situasi krisis kapitalisme kesadaran bisa dengan cepat berubah. Apa yang hari ini mereka bisa terima, bisa menjadi kebalikannya. Semua tanda-tanda pergolakan revolusioner ada di mana-mana di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Tugas kaum revolusioner adalah mempersiapkan dirinya secepat mungkin membangun organisasi untuk perang kelas di masa depan.