facebooklogocolour

Neraca Singkat Setelah Demo 8 Oktober

demo 8 oktober

Perjuangan melawan Omnibus Law bukan hanya perjuangan eksternal melawan pemerintah, tetapi terutama perjuangan internal melawan kerak-kerak perangkat birokrasi dan kepemimpinan yang telah menjadi penghalang terbesar bagi kemenangan buruh.

Setelah Demonstrasi 25 Agustus, Apa Selanjutnya?

demo 25 agustusPengalaman telah menunjukkan bahwa strategi bertahan yang baik adalah dengan melakukan serangan. Satunya senjata kelas buruh adalah aksi massa dan mogok. 

Ketika kelas penguasa melakukan serangan, kita harus mempersiapkan perlawanan. Kelas buruh harus kembali kepada tradisi perlawanan militan tahun-tahun 2011-12. Inilah yang harus menjadi tujuan bagi setiap buruh yang sadar kelas. Inilah cara menggagalkan Omnibus Law.

Kebuntuan Taktik Lobi dalam Membendung Omnibus Law

serikatburuh

Taktik lobi telah menunjukkan impotensinya dalam membendung Omnibus Law, dan bahkan telah menjadi sepenuhnya reaksioner. Saatnya kaum buruh banting stir dan mengubah haluan. Tinggalkan meja perundingan, dan turun ke jalan! Aksi massa dan pemogokan adalah satu-satunya bahasa yang dipahami oleh rejim.

Belanda dan Dekolonisasi Indonesia

belanda dan dekolonisasi Indonesia75 tahun kemerdekaan Indonesia hanya berarti kemerdekaan bagi kapital Belanda dan kapital Indonesia untuk menjarah bangsa ini dan mengeksploitasi rakyat pekerja.

Di Tepi Resesi

recessionBertahun-tahun yang lalu kelas pekerja telah membayar krisis dengan penghematan, dan sekarang mereka akan diminta kembali membayar krisis yang dipercepat oleh pandemi ini.

Beban krisis ini akan dialihkan kepada rakyat pekerja dengan meningkatkan pajak, menarik subsidi, sampai mereformasi hukum anti-pekerja.

Selengkapnya, silakan baca dalam tulisan berikut. 

Maaf Romo, Komunisme Masih Hidup!

hantu komunismeSelama kapitalisme masih hidup, dan terus melanggengkan kemiskinan dan kesengsaraan bagi mayoritas rakyat pekerja sementara kekayaan berlimpah ruah di tangan segelintir, maka hantu komunisme akan terus berkeliaran. 

Hapus Kekerasan Seksual dengan Sosialisme

sahkan ruu pksKekerasan seksual sangat mengakar di masyarakat kita. Namun DPR enggan mengesahkan RUU yang akan memberikan perlindungan kepada perempuan dari tindak kekerasan seksual. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Untuk menjawabnya kita perlu memeriksa akar sejarah munculnya kekerasan seksual pada kaum perempuan. Karena hanya dengan menelusuri asal-usulnya, kita bisa menelusuri bagaimana proses perkembangannya, serta proses kemusnahannya. 

Kebuntuan Sosialisme Bung Karno

bung karno

Bung Karno mengklaim bahwa gagasan Marhaenisme-nya adalah “Marxisme yang dijalankan di Indonesia.” Tetapi, kita tidak pernah kekurangan tokoh-tokoh politik yang mengklaim telah mengadaptasi Marxisme pada kekhususan nasional tertentu.  

Dalam tulisan ini, kita akan telaah bagaimana Marhaenisme jauh dari Marxisme.

Di Balik Teori Konspirasi Virus Korona

konspirasi coronaMeskipun teori konspirasi kritis terhadap status quo, tapi teori ini asing bagi gerakan proletariat.

Alih-alih mengarahkan kemarahan pada sistem kapitalisme dan pemerintahan mereka, teori konspirasi menyalurkan kemarahan pada segelintir konspirator. Teori ini tidak membuat kita memahami masyarakat untuk lalu mengubahnya.

Selengkapnya silakan baca dalam artikel ini.