facebooklogocolour

Mengapa Buruh Kalah Lagi dan Lagi? Dan Bagaimana agar Kita bisa Menang?

demo buruh 8 des 21

Belajar dari mogok nasional 2012 yang mampu menutup tol dan melumpuhkan ekonomi sehingga bisa memaksa kelas penguasa memenuhi tuntutan kaum pekerja, sudah saatnya demokrasi buruh benar-benar ditegakkan. Bukan lagi taat pada instruksi melainkan taat pada kedisiplinan demokratis buruh, yakni kedisiplinan yang bersumber dari proses demokrasi buruh itu sendiri.

Partai Buruh dan Tugas Kaum Revolusioner Hari ini

partai buruh

Berbicara mengenai Partai Buruh yang hari ini lahir, muncul perbedaan di antara aktivis kiri, kaum buruh, dan kaum muda dalam menyikapinya. Ada yang optimis dan ada yang pesimis. Ada sementara aktivis kiri yang menekankan pentingnya mengintervensi partai ini, ada pula yang mengutuk dan mencibir. 

Lalu bagaimana seharusnya sikap kaum revolusioner? Simak penjelasannya dalam tulisan berikut ini.

Kapitalisme Gagal Tangani Gelombang Kedua Pandemi

petugas kopid pasrahKegagalan dalam penanganan pandemi merupakan cerminan dari sistem sosial yang sudah membusuk dalam skala dunia. Kapitalisme – kendati memiliki capaian teknologi yang kolosal – terbukti tidak mampu menyediakan vaksin, obat-obatan, dan oksigen untuk menolong ribuan orang yang terinfeksi. Alih-alih menyembuhkan, sistem sosial ini terbukti menjadi tempat inkubasi bagi berkembangnya virus yang mematikan hari ini.

Siapa Oligarki di Balik Pelemahan KPK?

tolak pelemahan kpkSelama ada kelas kapitalis yang memegang kendali atas tuas ekonomi dan mengeksploitasi rakyat pekerja, selama ada Negara Borjuasi yang bertugas memfasilitasi eksploitasi ini dan mempertahankan dominasi kelas kapitalis, maka selama itu pula akan ada korupsi. Usaha KPK untuk memberantas korupsi oleh karenanya adalah seperti menjaring angin, dan kontroversi TKW ini adalah salah satu contohnya.

Kontroversi Civil Society Watch: siapa yang akan mengawasi sang pengawas?

CSW2Belum lama yang lalu, dosen Universitas Indonesia Ade Armando membuat geger dunia “masyarakat sipil” dengan deklarasi pembentukan Civil Society Watch. CSW berambisi menjadi pengawas demokrasi, tetapi pertanyaan yang lantas muncul: Siapa yang akan mengawasi sang pengawas? Di sini pengalaman Soviet (dewan rakyat) dapat memberi jawaban.

Dimensi Sosio-Ekonomi dari Bencana Alam di NTT

banjir bandang ntt minBila ada satu hal yang bisa kita semua pelajari dari pandemi Covid-19, tidak ada bencana yang murni alam. Dimensi ekonomi dan sosial memainkan peran penting dalam menentukan lapisan mana yang paling terdampak. Kesiapan dan ketangguhan seseorang dalam menghadapi bencana, serta kemampuannya untuk lalu pulih darinya, ditentukan oleh faktor-faktor sosio-ekonomi. Tingkat penularan dan kematian akibat Covid-19 misalnya berbanding terbalik dengan tingkat pemasukan seseorang. Bencana alam hanya mengungkapkan dengan lebih terbuka ketimpangan-ketimpangan sosial yang sudah mengakar. Begitu juga dengan banjir bandang di NTT, yang hanya mengungkapkan kemiskinan dan ketertinggalan parah yang telah dialami oleh rakyat NTT selama bergenerasi.