facebooklogocolour

Timor Leste: Parlemen adalah Sarang Korupsi

FB IMG 1668509444926

Sudah dua dekade lebih Timor-Leste berdiri sendiri sebagai negara yang merdeka, namun rakyat pekerjanya sesungguhnya belum merdeka dari kemiskinan dan kemelaratan. Dalam setiap pilpres maupun pileg, setiap partai dan anggota-anggotanya selalu berjanji memperbaiki kehidupan rakyat secara umum. Namun setelah mereka terpilih, mereka segera menunjukkan keserakahan untuk memperkaya diri dan kroni-kroni mereka. Semua kenyataan tersebut membuat kepercayaan rakyat semakin turun pada lembaga negara dan sistem yang ada. Rakyat mulai tiba pada kesimpulan bahwa parlemen adalah sarang korupsi. Kemerdekaan Timor Leste hanya memerdekakan kaum kapitalis dan para politisi untuk meraup kekayaan besar. 

Pelajaran Dari Pemberontakan Massa Sri Lanka

sri lanka mass protestSituasi di Sri Lanka mencerminkan rapuhnya sistem kapitalisme hari ini. Dan seluruh kerapuhan itu ditransfer ke punggung kelas pekerja yang harus menanggung beban krisis kapitalisme.

Dalam situasi seperti ini, yang dibutuhkan adalah kepemimpinan revolusioner. Tetapi, di Sri Lanka, kita tidak menemukannya dan alih-alih justru kepemimpinan buruh yang lembek, yang bahkan tidak bergeming saat kaum pekerja melakukan protes massa besar.

Pelajaran dari Pemberontakan Massa Kazakhstan

kazakstanMeskipun pemberontakan massa di Kazakhstan berakhir dengan kekalahan telak dan pertumpahan darah, namun pencapaian atas peristiwa ini menunjukkan potensi kekuatan buruh. Kekurangan aksi ini adalah tidak adanya partai revolusioner yang mampu mengorganisir gerakan buruh menuju kesimpulan terakhir, yaitu penggulingan sistem kapitalisme dan menggantinya dengan sosialisme.

Impotensi KTT ASEAN dalam Menyikapi Kediktatoran Militer di Myanmar

jokowi and min aung hlaingSatu-satunya solidaritas sejati yang dapat diandalkan oleh rakyat Myanmar datang dari saudara-saudari kelas mereka di Indonesia dan negeri-negeri lainnya. Jangan percaya pada apa-yang-disebut “Komunitas Internasional”, seperti ASEAN, PBB, dll. Penangkapan yang sewenang-wenang yang dilakukan rejim Jokowi terhadap terhadap aktivis solidaritas Myanmar jelas mengekspos kemunafikan rejim ini, yang berceramah mengenai demokrasi sembari mencekiknya. Kaum revolusioner Myanmar, Indonesia, Thailand, Singapura, dan seluruh Asia Tenggara menghadapi musuh bersama yang sama: kediktatoran kapital.

5 Alasan Mengapa China adalah Kapitalis

cina kapitalisSejak keruntuhan ekonomi 2008 yang melahirkan gejolak perlawanan kaum pekerja di berbagai belahan dunia, gagasan sosialisme kembali dibicarakan. Kaum pekerja dan kaum muda mulai berbondong-bondong mempelajari ide yang digagas oleh Karl Marx dan Friedrich Engels ini. Mereka antusias untuk menggali segala hal yang berbau "sosialisme", salah satunya adalah sosialisme ala Tiongkok. 

Tapi, satu hal perlu diajukan, apakah China/Tiongkok saat ini merupakan negeri sosialis sebagaimana yang diklaim oleh para petinggi Partai Komunis Cina (PKC)? Berikut ini analisa kami. 

Gejolak Revolusi di Myanmar

myanmar coupSegera setelah rakyat menyingkirkan junta militer dari panggung politik, mereka akan dihadapkan dengan realitas keras bahwa tuntutan-tuntutan yang mereka kedepankan – pemilu yang bebas dan jujur, parlemen yang demokratik, pekerjaan untuk semua orang, upah layak, tanah untuk tani, akses universal ke pelayanan sosial – tidak akan bisa dipenuhi dalam batas-batas kapitalisme. Bahkan pelucutan sepenuhnya seluruh kekuatan militer di Myanmar hanya bisa terpenuhi secara efektif dan konsekuen akan membutuhkan langkah-langkah revolusioner di luar batas-batas kapitalisme.

Thailand: Guncangan di Kaki Monarki

demo tailand

Satu-satunya jaminan kemenangan gerakan ini adalah bersandar pada kelas buruh yang bersekutu dengan tani dan kaum miskin kota. Revolusi Thailand selanjutnya akan membutuhkan partai dan program Marxis revolusioner. Benih-benih masa depan revolusi telah hadir di Thailand, yang dibutuhkan sekarang adalah mempersiapkannya.

Kembalinya Gerakan Payung Hong Kong

no ekstraditionDemo ini adalah pertunjukan luar biasa dari kekuatan politik akar rumput di kota di mana penduduk tidak dapat memilih pemimpin mereka tetapi mereka bebas untuk turun ke jalan untuk mengecam mereka. Demonstrasi yang awalnya menuntut agar RUU Ekstradisi dicabut, kini telah berkembang menjadi tuntutan agar Carrie Lam mengundurkan diri.  Tidak menutup kemungkinan akan muncul tuntutan untuk menentukan hak nasib sendiri, di mana embrio untuk ini sudah ada sebelumnya.

Bergabunglah dengan Perhimpunan Sosialis Revolusioner!

Form Pendaftaran

Form by ChronoForms - ChronoEngine.com