facebooklogocolour

Berita-berita perjuangan rakyat pekerja dalam membangun sosialisme sedunia


Kekuasaan absolut Xi Jinping terguncang oleh gelombang demonstrasi anti-lockdown

cina9Ini adalah gejala klasik over produksi, yang telah dijelaskan oleh Marx. Pasar yang jenuh membuat investasi produktif semakin tidak menguntungkan, dan sebagai akibatnya investasi semakin diarahkan ke spekulasi yang tidak produktif. Semua ini menunjukkan krisis China berakar pada kontradiksi kapitalisme – seperti halnya di Barat – kendati usaha PKC untuk menutup-nutupi fakta ini. 

 

Selengkapnya...

Timor Leste: Parlemen adalah Sarang Korupsi

FB IMG 1668509444926Sudah dua dekade lebih Timor-Leste berdiri sendiri sebagai negara yang merdeka, namun rakyat pekerjanya sesungguhnya belum merdeka dari kemiskinan dan kemelaratan. Dalam setiap pilpres maupun pileg, setiap partai dan anggota-anggotanya selalu berjanji memperbaiki kehidupan rakyat secara umum. Namun setelah mereka terpilih, mereka segera menunjukkan keserakahan untuk memperkaya diri dan kroni-kroni mereka. Semua kenyataan tersebut membuat kepercayaan rakyat semakin turun pada lembaga negara dan sistem yang ada. Rakyat mulai tiba pada kesimpulan bahwa parlemen adalah sarang korupsi. Kemerdekaan Timor Leste hanya memerdekakan kaum kapitalis dan para politisi untuk meraup kekayaan besar. 

Selengkapnya...

Brasil: Untuk memenangkan pilpres, Lula harus bergerak ke Kiri

bolsonaro vs lula 2022 6Semenjak Lula dibebaskan dari penjara, hak-hak politiknya telah dipulihkan. Dia dinyatakan tidak bersalah atas kasus tuduhan korupsi. Namun dia adalah pembela institusi borjuis yang bobrok. Saat meninggalkan penjara pada 2019 dia mengatakan, “Sisi buruk dari sistem peradilan; sisi buruk dari kejaksaan; sisi buruk dari polisi; dan sisi buruk dari dirjen pajak; bekerja demi mengkriminalisasi kiri, mengkriminalisasi partai buruh, mengkriminalisasi Lula.”

Selengkapnya...

Perdana Menteri Liz Truss Lengser, Kapitalisme Inggris Keok

Liz TrusLiz Truss memang adalah pemimpin yang tidak kompeten, tetapi di tengah krisis kapitalisme yang mendalam seperti ini semua politisi telah menjadi tidak kompeten karena mereka dihadapkan dengan kontradiksi kapitalisme yang tak tertanggungkan. Pertikaian tajam di Partai Konservatif merupakan refleksi dari degenerasi keseluruhan sistem kapitalisme Inggris.

Selengkapnya...