facebooklogocolour

Palestine flag Image Ahmed Abu Hameeda 1024x576Serangan Hamas terhadap Israel kemarin (Sabtu, 7 Oktober) mengejutkan badan intelijen dan militer Israel, namun ini tidak mengejutkan kita sedikit pun. Serangan ini merupakan konsekuensi langsung dari eskalasi penindasan terhadap warga Palestina yang didorong oleh Netanyahu, yang memimpin pemerintahan sayap-kanan paling reaksioner dalam sejarah Israel.

Serangan ini menyaksikan ribuan roket diluncurkan dari Gaza, dengan puluhan roket menembus sistem pertahanan anti-rudal Israel 'Iron Dome', sementara ratusan tentara Hamas menerobos pagar perbatasan yang paling dijaga di dunia dan menyerang kota-kota perbatasan dan pangkalan militer di wilayah Israel. Ini mengakibatkan ratusan korban jiwa di pihak Israel (lebih dari 600 orang tewas dan 2.000 orang terluka pada saat artikel ini ditulis). Pertempuran masih berlangsung lebih dari 24 jam setelah serangan awal terhadap setidaknya delapan dari 22 sasaran yang diambil alih oleh pasukan komando Palestina. Pasukan komando baru memasuki Israel dari Gaza, dengan puluhan tentara Israel dan warga sipil ditawan dan dibawa ke Gaza. Pasukan Hamas telah menyerbu pangkalan militer, menghancurkan tank Israel dan peralatan militer lainnya, dan menyita kendaraan militer, menangkap komandan militer Israel, yang diduga termasuk Nimrod Aloni, seorang mayor jenderal IDF (Israel Defence Force). Ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Negara Israel telah dipermalukan dan tanggapannya sangat brutal. Netanyahu telah menyatakan kondisi perang, dan melakukan serangan balasan, yang telah menewaskan lebih dari 300 warga Palestina dan melukai 1.600 orang. Israel segera memutus pasokan listrik ke Jalur Gaza, yang menimbulkan konsekuensi parah bagi 2,1 juta penduduk sipil Palestina yang tinggal di sana, dan merusak infrastruktur dan sistem layanan kesehatan yang sudah rapuh dan hampir runtuh.

Kemunafikan pemerintah imperialis barat

Para pemimpin pemerintahan imperialis Barat kini berbicara tentang “hak Israel untuk mempertahankan diri”. Biden, Macron dan para pemimpin reformis seperti Starmer di Inggris, dengan nada munafik, mengutuk serangan terhadap Israel, namun dengan nyaman tetap diam selama beberapa dekade dalam menghadapi kebrutalan Israel.

Mereka semua mengabaikan fakta bahwa, di bawah pemerintahan Netanyahu yang sinis, kekerasan yang dilakukan oleh pendatang Yahudi sayap kanan di Tepi Barat dan Yerusalem Timur terhadap wilayah-wilayah Palestina telah meningkat secara eksponensial, didorong oleh jaminan impunitas dan keterlibatan pasukan keamanan Israel secara terbuka atau terselubung. Upaya pemuda Palestina untuk melawan pendudukan telah ditanggapi dengan kekerasan yang tidak proporsional dan sistematis oleh IDF, dengan serangkaian serangan dan pembunuhan yang ditargetkan tanpa henti, yang memuncak pada serangan brutal terhadap kamp pengungsi Jenin pada bulan Juli. Semua ini terjadi ketika pendatang Israel yang bersenjata mengancam penduduk Palestina. Ribuan pemuda Palestina, banyak dari mereka adalah anak di bawah umur, dari Tepi Barat, Yerusalem Timur dan dari dalam Israel sendiri, telah ditangkap dan mendekam di penjara tanpa diadili. Namun berapa banyak pendatang yang bertanggung jawab atas kejahatan ini yang telah ditangkap?

Israel ada dalam kebuntuan politik sejak awal tahun 2023, terguncang oleh protes besar-besaran yang diluncurkan oleh ratusan ribu rakyat untuk menentang kebijakan reformasi peradilan Netanyahu dan perpecahan yang mendalam di antara kelas penguasa Zionis itu sendiri. Usaha terakhir Netanyahu untuk mempertahankan posisi politiknya telah memberikan kesempatan besar kepada kelompok supremasi Yahudi, sayap kanan ekstrem Itamar Ben-Gvir dan Bezalel Smotrich, untuk bangkit dan meraih posisi kuat dalam pemerintahan. Program mereka adalah memprovokasi “Nakba baru” (meniru pembersihan etnis besar-besaran terhadap penduduk Palestina yang berujung pada proklamasi Israel pada tahun 1948), dengan mencaplok Tepi Barat, Yerusalem Timur, Dataran Tinggi Golan dan Gaza serta mengusir seluruh penduduk Palestina.

Adalah Netanyahu – dan para pendukung distopia Zionis di mana seluruh rakyat ditindas dan dibersihkan secara etnis dari tanah mereka sendiri, sambil berusaha mengisolasi Israel dari konsekuensi rezim pendudukan yang kejam – yang patut disalahkan atas eskalasi yang terjadi saat ini. Anda tidak dapat terus-menerus mengabaikan hak-hak dasar demokrasi seluruh rakyat, menekan dan menindas mereka, merampas tanah dan rumah mereka, menembaki mereka, menangkap mereka, menyiksa mereka, membuat mereka semakin miskin, tanpa cepat atau lambat memprovokasi serangan balik yang besar.

Penyerbuan kompleks Al-Aqsa di Yerusalem yang dilakukan beberapa hari yang lalu oleh ratusan kaum supremasi Yahudi, yang menyatakan tujuan mereka adalah merobohkan masjid tersebut dan menggantinya dengan Kuil Yahudi, merupakan sebuah provokasi yang disengaja. Masjid Al-Aqsa dianggap sebagai situs keagamaan tersuci ketiga dalam Islam, dan oleh karena itu, jika kaum Zionis ekstrem mengambil alih masjid tersebut, ini adalah penghinaan terbuka. Aksi ini dibantu dan dilindungi oleh pasukan polisi Israel. Penodaan tempat suci tersebut memberikan pembenaran langsung atas serangan yang dilakukan Hamas beberapa hari kemudian. Peristiwa ini sengaja dikaburkan oleh media internasional dalam upaya untuk memfokuskan kesalahan pada “kekerasan gila orang Palestina”.

Menarik untuk dicermati pemberitaan BBC, misalnya, yang mengumumkan serangan roket Hamas tanpa menjelaskan latar belakangnya, termasuk provokasi terus-menerus yang harus ditanggung oleh rakyat Palestina. Mereka juga kurang memberikan liputan mengenai serangan fisik terhadap warga Palestina yang dilakukan oleh para pendatang di Tepi Barat dan Yerusalem Timur, dan lebih memilih menyembunyikan fakta bahwa, sebelum kejadian dua hari terakhir, lebih dari 200 warga Palestina telah terbunuh tahun ini saja.

Mereka yang berbicara tentang “terorisme Palestina” sebaiknya mengingat bahwa, ketika Palestina meluncurkan gerakan perlawanan massal secara damai pada tahun 2018, yang dikenal sebagai Great March of Return, pemerintah Israel membalasnya dengan melepaskan tembakan dengan peluru tajam, yang menewaskan ratusan pengunjuk rasa tidak bersenjata, 46 di antaranya adalah anak di bawah umur. Mereka yang saat ini berbicara tentang “terorisme” tetap diam selama “Operation Cast Lead” pada 2008-2009, ketika Israel membunuh 1.391 warga Palestina, termasuk 318 anak di bawah umur, menghancurkan lebih dari 3.500 rumah, menyebabkan puluhan ribu orang kehilangan tempat tinggal, dan menghancurkan fasilitas infrastruktur utama di Gaza. Mereka tetap bungkam selama “Operation Protective Edge” pada tahun 2014, di mana Israel membunuh 2.203 warga Palestina, 1.372 di antaranya bukan tentara, termasuk 528 anak di bawah umur, dan menghancurkan atau merusak lebih dari 18.000 rumah, menyebabkan lebih dari 100.000 warga Palestina kehilangan tempat tinggal. Ini hanya beberapa contoh terkini.

Ini mengingatkan kita pada apa yang ditulis Karl Marx dalam The Civil War in France: 

“Semua fitnah yang tidak pernah gagal dilontarkan oleh Partai Ketertiban, dalam pesta pora berdarah mereka, terhadap para korbannya, hanya membuktikan bahwa kaum borjuis di zaman kita ini menganggap dirinya sebagai penerus sah baron zaman dulu, yang percaya bahwa setiap senjata yang digunakannya terhadap kaum plebeian adalah keadilan, sedangkan di tangan kaum plebeian senjata apa pun merupakan kejahatan.”

Mereka menampilkan situasi ini seolah-olah itu adalah pertempuran antara dua kekuatan yang setara. Ini sepenuhnya keliru. Ini adalah pertempuran antara negara imperialis yang kuat dan agresif melawan rakyat yang lemah dan tertindas, yang berjuang untuk mempertahankan diri mereka dan menegaskan haknya untuk hidup sebagai sebuah bangsa.

Klik penguasa Israel berupaya membenarkan penindasannya dengan kedok “membela diri”. Mereka mengutip Alkitab: “mata ganti mata, gigi ganti gigi, nyawa ganti nyawa.” Tapi ini bukanlah masalah satu nyawa ganti satu nyawa. Israel membalas kematian satu warganya dengan membantai ratusan warga Palestina. Demikian juga pada konflik saat ini. Israel akan melakukan balas dendam paling berdarah atas penghinaan yang mereka alami baru-baru ini. Pembantaian baru saja dimulai.

Pasukan Israel (IDF) mengumpulkan puluhan ribu tentara di sekitar perbatasan Gaza dalam upaya untuk membersihkan pasukan komando Hamas, dan memulihkan kendali. Namun, ini terbukti lebih sulit dari yang diharapkan. Netanyahu telah mengancam akan melakukan “balas dendam yang besar” dan menghancurleburkan Gaza. Ini dapat menyebabkan invasi darat Israel ke Gaza dalam upaya untuk menghancurkan Hamas, yang akan mengakibatkan ribuan korban sipil.

Di perbatasan utara Israel dengan Lebanon, kemungkinan Hizbullah membuka front kedua mengkhawatirkan para ahli strategi militer Israel. Hizbullah meluncurkan roket ke kawasan Peternakan Shebaa, yang diperebutkan oleh Lebanon dan Israel serta diduduki oleh Israel. Pembalasan terukur Israel dirancang untuk tidak memperburuk situasi, dan Hizbullah tampaknya tidak siap untuk melakukan lebih dari sekadar tindakan simbolis. Hizbullah mungkin terpaksa mengubah sikapnya jika tentara Israel menyerang Gaza dengan serangan darat.

Namun ada satu hal yang pasti. Meskipun Israel mungkin saja mengebom, mencekik, menyerang, dan menghancurkan Gaza, seperti yang telah mereka lakukan berkali-kali di masa lalu, namun akan terbukti mustahil bagi mereka untuk mempertahankan okupasi atas wilayah tersebut. Keputusan Ariel Sharon untuk menarik mundur pasukannya dari Gaza, yang dilakukan pada 2005, dan invasi besar Israel ke Gaza pada 2014, membuktikan kemustahilan menindas dan menundukkan lebih dari dua juta orang dalam waktu lama hanya dengan cara militer.

Konflik ini juga membuktikan bahwa pembentukan Otoritas Palestina setelah Perjanjian Oslo tahun 1993 adalah sebuah parodi yang dirancang untuk mengubah organisasi perlawanan Palestina, Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), menjadi kekuatan yang menjamin 'perdamaian' Israel dengan mengawasi rakyat mereka sendiri. Sungguh memuakkan melihat Presiden Palestina saat ini, Abbas, berargumen bahwa Israel bertanggung jawab atas terjadinya krisis yang terjadi saat ini, sementara pada saat yang sama Otoritas Palestina bermitra dengan Israel untuk mengawasi dan menindas generasi muda Palestina yang bangkit melawan pendudukan di Tepi Barat.

Di Israel sendiri, persatuan antara Netanyahu dan pihak oposisi dalam menghadapi serangan Hamas – yang bahkan mungkin membuat musuh bebuyutan Netanyahu, Yair Lapid dan Benny Gantz, bergabung dalam pemerintahan darurat nasional – tidak dapat menutupi perpecahan yang ada dalam kelas penguasa Israel. Persatuan seperti itu pasti akan hancur berantakan ketika dihantam oleh peristiwa. Namun, kapitulasi pihak oposisi menunjukkan bahwa perbedaan antara kelompok Zionis kanan dan kelompok Zionis “kiri” adalah hal yang sekunder bila berhubungan dengan sikap apa yang harus mereka ambil terhadap perjuangan nasional Palestina.

Imperialisme AS dan Zionis sama-sama bersalah

Presiden AS, Biden, dengan tegas menyatakan dukungannya terhadap Israel, menawarkan semua dukungannya, dan menambahkan bahwa, “Dukungan pemerintah AS terhadap keamanan Israel sangat kuat dan tak tergoyahkan.” Tentu saja, dia tidak menyebutkan hak rakyat Palestina untuk menentang penindasan Israel. Biden sedang menghadapi masa-masa sulit, dengan dukungan terhadap Zionisme dan Israel yang sangat melemah di Amerika Serikat sebagai akibat dari kebijakan supremasi Yahudi yang diambil oleh Netanyahu. Namun, tidak ada lagi yang bisa diharapkan dari Biden, mengingat AS menyubsidi militer Israel sebesar $3,6 miliar per tahun. Bagi imperialisme AS, Israel adalah satu-satunya sekutu yang bisa diandalkan di Timur Tengah, dan AS akan selalu berpihak pada Zionis, tidak peduli berapa banyak kritik yang diucapkan di sini atau di sana.

Imperialisme AS sama bertanggung jawabnya dengan Zionis dan Netanyahu atas situasi saat ini, dengan terus-menerus membela Israel sebagai benteng “demokrasi” (artinya aset penting imperialisme AS di Timur Tengah).

Nada Biden yang agak kritis terhadap Netanyahu dalam beberapa tahun terakhir adalah karena kebijakan gila Netanyahu mengancam stabilitas kawasan Timur Tengah dan dukungan internasional terhadap Israel. Ancaman ini kini menjadi kenyataan yang dapat dilihat semua orang.

Eskalasi terbaru ini akan sepenuhnya melemahkan upaya Biden untuk menengahi perundingan antara Israel dan monarki Saudi. Kesepakatan seperti itu, serta Kesepakatan Abraham dan gagasan 'normalisasi' antara negara-negara Arab dan Israel, telah dibatalkan untuk masa mendatang. Bahkan kelas penguasa Saudi yang sinis pun harus memperhitungkan kebencian besar terhadap Israel yang telah terakumulasi di antara sebagian besar penduduk Saudi, serta di seluruh dunia Arab.

Namun, prospek invasi Israel ke Gaza, kemungkinan runtuhnya Otoritas Palestina, dan sebagai konsekuensinya okupasi penuh Israel di Tepi Barat, yang akan membakar seluruh Timur Tengah, jelas mengkhawatirkan para ahli strategi imperialis paling serius di Washington. Situasi ini merupakan pertanda gejolak revolusioner dan ketidakstabilan sosial.

Tekad dan organisasi yang ditunjukkan oleh kaum muda Palestina, yang selama dua tahun terakhir telah membentuk generasi baru gerakan perlawanan Palestina terhadap okupasi di Tepi Barat, telah mengungkapkan betapa rapuhnya semua solusi “damai” yang delusional bagi Palestina dan Timur Tengah yang tidak mengikutsertakan pengakuan penuh terhadap hak-hak rakyat Palestina.

Serangan Hamas mungkin menjadi pemicu krisis yang lebih parah, namun krisis ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Faktanya, taktik Hamas untuk melakukan konfrontasi militer langsung dengan Israel jelas menarik bagi kaum muda Palestina  yang sudah semakin geram. Kaum muda menginginkan tindakan dan bukan kata-kata, atau kesepakatan yang hanya melemahkan tujuan mereka dan memperkuat cengkeraman Zionis. Pada saat yang sama, negara Zionis, yang dipimpin oleh Netanyahu, juga sedang menyusun kembali kekuatan mereka dan menggunakan skenario yang ada saat ini untuk memecut kebencian nasionalis terhadap Palestina, dalam upaya untuk memperkuat basis dukungan sosial mereka, dan memanfaatkan serangan ini untuk menarik dukungan dari lapisan-lapisan yang bahkan sebelumnya melakukan mobilisasi besar-besaran melawan sayap kanan.

Rakyat Israel sekali lagi terseret untuk mendukung negara Zionis dan okupasi. Gerakan menentang reformasi peradilan sudah dihentikan. Kelompok tentara veteran anti-Netanyahu, yang sebelumnya menolak untuk menjadi pasukan cadangan, Achim le'Neshek (Saudara dan Saudari Seperjuangan) telah menyatakan: “Saudara dan Saudari Seperjuangan menyerukan kepada semua orang untuk membela Israel tanpa ragu-ragu dan segera.”

Namun, ada beberapa suara kritis yang mengambil sikap berani dan mengecam pemerintah sebagai pihak yang bertanggung jawab atas krisis ini. Organisasi veteran Israel lainnya, “Breaking the Silence”, sementara mengecam Hamas, menyoroti: “bagaimana pemerintah supremasi Yahudi membawa kita ke titik ini”. Ofer Cassif , anggota parlemen Israel dari kelompok sayap kiri Hadash, menyatakan: “Saya akan terus mengatakan kebenaran: hentikan pengepungan brutal dan kriminal di Gaza dan rezim supremasi Yahudi, merekalah yang bertanggung jawab atas pertumpahan darah, hanya dengan menghentikan ini maka kita akan memperoleh keamanan, perdamaian, dan masa depan yang lebih baik.”

Namun, kata-kata kecaman saja tidak cukup. Hanya inisiatif revolusioner dari massa Palestina sendiri, di Tepi Barat, Yerusalem Timur, serta di Gaza dan di Israel sendiri, yang memegang kunci lompatan kualitatif dalam keberhasilan perjuangan melawan okupasi Palestina. Rakyat pekerja Arab di negara-negara tetangga juga harus memainkan peran kunci. Mendukung perjuangan pembebasan nasional Palestina berarti pertama-tama menggulingkan rezim pro-imperialis reaksioner di Mesir, Arab Saudi, Qatar, Yordania, dll. Semua rezim borjuis ini, dengan satu atau lain cara, menerima status quo saat ini dan tidak ingin adanya gerakan revolusioner yang dapat menyingkirkan mereka dari kekuasaan. Jadi, meski mereka menunjukkan solidaritas secara verbal, mereka tidak melakukan tindakan konkrit untuk membantu rakyat Palestina.

Solidaritas internasional dari gerakan kaum muda dan kelas buruh juga penting dalam menentukan hasil dari krisis ini, asalkan hal tersebut tidak didasarkan pada seruan abstrak untuk “perdamaian” dan “De-eskalasi”. Resolusi-resolusi PBB dan perjanjian-perjanjian internasional yang telah dibuat selama berpuluh-puluh tahun tidak memajukan satu milimeter pun perjuangan pembebasan nasional Palestina. Faktanya, yang terjadi justru sebaliknya, mereka membiarkan negara Israel menduduki semakin banyak wilayah Palestina. Gerakan buruh harus jelas dalam hal-hal berikut:

  • Tolak invasi dan pemboman Gaza.
  • Tolak campur tangan imperialis. 'Perdamaian' imperialis dan perjanjian Oslo telah mengecewakan rakyat Palestina.
  • Untuk pemberontakan massa melawan okupasi, di Palestina maupun Israel
  • Akhiri okupasi.
  • Bebaskan semua tahanan politik.
  • Akhiri perampasan tanah oleh pemukiman Zionis dan kembalikan semua tanah yang telah dirampas.
  • Tolak penindasan, dan perjuangkan persamaan hak bagi semua orang, tanpa memandang etnis atau agama.
  • Untuk federasi sosialis seluruh Palestina, sebagai bagian dari federasi sosialis Timur Tengah.
  • Intifada sampai kemenangan!